Rabu, 19 April 2017

Cara Membuat Bisnis Online




Cara Membuat Bisnis Online
Apakah Anda sedang mencari penghasilan tambahan dirumah?
Atau Anda memang ingin fokus untuk membuka bisnis sebagai pekerjaan utama?
Ada peluang untuk masalah Anda saat ini. Banyak orang – orang yang sedang mencari penghasilan tambahan. Cara ini sangat mudah dilakukan. Hanya dengan menggunakan jaringan internet, Anda bisa mendapatkan penghasilan.
Langkah Pertama…
Yakinkan diri Anda untuk berbisnis. Jangan hanya untuk ikut – ikutan saja. Hanya karena melihat teman berbisnis online, lalu Anda ikut – ikutan deh. Banyak cara membuat bisnis online. Anda  hanya perlu memanfaatkan fasilitas yang ada.  
Berbisnis online tidak jauh beda dengan bisnis fisik. Sama – sama memerlukan ketekunan dan kerjakeras. Jika Anda ingin bisnis Anda maju, maka hal yang harus Anda lakukan adalah bekerja keras. Jangan sampai bisnis yang sudah kita buat susah payah, berhenti ditengah jalan.
Jika Anda memiliki kemampuan intenet, itu akan lebih memudahkan Anda. Tinggal mengikuti langkah – langkah nya saja.
Langkah Kedua…
Tentukan bisnis yang akan Anda jalankan.
Sebelum mulai berbisnis, Anda harus menentukan bisnis apa yang ingin Anda jalankan. Jangan sampai salah langkah. Pilihan Anda akan menentukan pendapatan Anda. Yang harus Anda pilih adalah jenis bisnis yang sesuai dengan  minat Anda. Jadi, Anda bisa menjalankan bisnis itu dengan mudah. Lalu, lihat kebutuhan apa yang orang - orang cari.
Kebanyakan orang salah langkah pada langkah ini. Mereka terlalu berfokus pada produknya dulu, bukan pada kebutuhan orang-orang. Sehingga bahkan banyak yang tumbang sebelum mencapai penjualan pertama.
Mengenai jenis produknya, bisa berbentuk produk fisik, jasa, ataupun digital.
  • Contoh barang fisik, sabun herbal, obat herbal, jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesoris, rumah dan bangunan, dan apa saja yang bisa Anda tangkap.
  • Contoh barang digital, bisa berupa ebook, produk-produk informasi, kursus online, software.
  • Contoh jasa, bisa dengan menyediakan jasa pembuatan website, jasa online marketing, rental mobil, agen tour & travel, agen umroh & haji, dan jasa-jasa yang lain.
Tidak usah terlalu detil, yang penting Anda mempunyai gambaran besar mengenai rencana Anda dan memahami pola pemasaran online.
Jika Anda masih bingung produk apa yang ingin Anda jalankan, mulailah dengan menjual produk orang lain, bisa dengan konsep dropship, reseller, kemitraan dengan produsen, atau sebagai afiliasi produk suatu vendor (affiliate marketing).
Contohnya: jualan pulsa, agen asuransi, agen perumahan & properti, agen travel, jual baju / produk fashion dengan konsep konsinyasi, jual ebook orang lain, dll.
Langkah Ketiga…
Langkah ketiga ini langsung terjun ke Online.
Ini adalah tempat kita jualan online. Dan bagaimana cara mempromosikannya?
Untuk tahapan ini, bisa dimulai dari langkah yang simple.
Langkah-langkah cara berjualan onlinenya, adalah:
  1. Jualanlah lewat situs social media, aplikasi social chat, dan situs marketplace terlebih dahulu.
Untuk yang pertama, contohnya bisa lewat Facebook, Twitter, Instagram, BBM, LINE, Bukalapak, Tokopedia, OLX, dll.
Mengapa saya menyarankan langkah tersebut?
Karena itu gratis dan bisa langsung kita manfaatkan untuk promosi dan jualan tanpa harus membuat sistem website nya, tampilannya, dan lain sebagainya.
Pilih channel yang sekiranya Anda nyaman dan kuasai, syukur-syukur bisa pakai semuanya. Tetapi kalau belum bisa ya saran saya minimal pelajari yang Facebook, Instagram, dan BBM.
Dan untuk langkah kedua, yakni membuat website sendiri, nantinya website ini akan kita jadikan sebagai lapak online atau workshop RESMI kita di dunia maya.
Keuntungannya, kalau kita sudah memiliki website, ini bisa kita jadikan sebagai pusat tempat rujukan ketika kita hendak menyebar promosi online lewat social media, forum, marketplace, ataupun situs jualan lainnya.
Jadi kalau kita pasang status di social media, forum, dll, kan jadi lebih keren kalau di bagian bawah status tersebut kita kasih link menuju situs kita. Hehe, betul??
Kadang ini juga bisa dijadikan parameter apakah seseorang itu serius dalam menjalani bisnis online atau tidak. Dengan memiliki website, biasanya orang lain akan menjadi lebih mantab ketika hendak bertransaksi dengan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar