Jumat, 05 Mei 2017

Pebisnis Muda

Pebisnis muda di Indonesia kini semakin banyak. Mereka memiliki keyakinan dan percaya diri yang tinggi untuk membangun bisnisnya itu. Tanpa terlalu memikirkan apa saja resikonya, tekad yang membuat bisnisnya berjalan.
Sering kita dengar orang Indonesia sangat gemar membeli barang – barang luar negeri dibandingkan dengan dalam negeri. Hal tersebut sering diucapkan karena menurutnya, barang - barang dalam negeri itu norak dan kurang berkualitas. Mulai dari model, bahan, warna, dll. Oleh sebab itu, mereka lebih menyukai barang luar negeri. Walaupun harganya mahal, tetapi mereka tetap menyukainya.

            Beberapa tahun belakangan ini, kita dikejutkan dengan munculnya pebisnis muda yang latar belakangnya adalah seorang karyawan. Bahkan yang sebelumnya pengangguran pun sekarang mereka  sudah memulai bisnisya. Bisnis yang mereka ambil berbeda – beda. Mulai dari bisnis makanan, fashion, toko sembako, dll.

Bisnis fashion kini semakin diminati oleh masyakarat Indonesia. Barangnya pun kini tidak kalah dengan barang luar negeri. Justru harganya lebih murah. Padahal, kualitas produknya sama dengan luar negeri. Tetapi harga nya jauh lebih murah. Kenapa demikian? Jarang diantara mereka yang tahu bahwa barang – barang luar negeri itu ada  yang berasal dari Indonesia. Mereka bukan memproduksi sendiri. Mereka membeli barang dari Indonesia kemudian dijual lagi. Karena mereka membeli barang  jadi, otomatis mereka menaikkan harga. Banyak biaya yang mereka keluarkan seperti biaya perjalanan dari negaranya ke Indonesia. Belum lagi biaya makan dan biaya tak terduga lainnya, hingga harga jual mereka jauh lebih tinggi dari harga beli.

Pasar Tanah Abang adalah salah satu tempat mereka untuk membeli barang bisnisnya. Padahal tanah abang itu diketahui banyak orang di Indonesia. Tetapi mereka masih saja memilih barang luar negeri. Membeli barang luar negeri sama saja dengan membeli barang di tanah abang. Terkadang orang Indonesia memiliki gengsi yang tinggi. Mereka membeli barang luar negeri karena ingin terlihat mewah. Beda halnya dengan membeli barang di pasar, yang menurutnya murahan.
Mereka justru merugikan dirinya sendiri, karena sudah mengeluarkan uang banyak. Padahal jika mereka membeli barang di Indonesia bisa 3 kali lipat lebih murah dari harga yang mereka beli di luar negeri.

Tapi kini dengan banyaknya pebisnis, membuat masyakarakat Indonesia sering membeli barang dalam negeri dibandingkan dengan luar negeri. Sehingga kualitas produk di Indonesia lebih diminati.  Pada dasarnya kita harus memakai dan membeli barang dalam negeri untuk membangun produk - produk di Indonesia. Untuk itu, cintailah produk Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar