Jumat, 05 Mei 2017

Antara Membaca dan Bermain Hp


Membaca sangat penting untuk kita. Karena apa yang telah kita baca merupakan sumber informasi dan pengetahuan. Dari kecil kita sudah di ajarkan untuk membaca. Mulai dari membaca huruf satu persatu sampai akhirnya kita bisa membaca dengan lancar. Membaca bukan hanya di buku saja. Karena sumber informasi itu dari berbagai macam. Koran, spanduk, dan berbagai tulisan lainnya juga merupakan sumber informasi. Dari informasi tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita. Jika kita banyak membaca, maka banyak pula ilmu yang didapat. Dan sebaliknya, jika kita jarang membaca maka ilmu tidak akan bertambah.

Orang yang berjualan buku  kini sepi dari para pembeli. Hanya beberapa kali saja yang membeli dalam sehari. Tidak seperti waktu lalu, banyak pelajar yang ngantri untuk membeli buku. Kemana pun mereka berada, buku adalah barang yang selalu mereka bawa. Tapi kini yang mereka bawa bukanlah buku, melainkan handphone atau dikenal dengan sebutan hp. Hari – hari mereka disibukkan dengan bermain hp. Banyaknya aplikasi terbaru menambah kesibukan mereka seperti BBM, instagram, line, dsb. Mereka sibuk bermain games, chat – chatan dengan teman, bahkan menjadi pembaca setia status  orang lain. Mengapa demikian? Karena mereka terlalu asik, sehingga tidak memikirkan apa dampaknya. Dalam satu hari saja mereka habiskan waktuya bermain hp, itu sudah merugikan dirinya. Karena dalam satu hari banyak informasi yang harusnya kita ketahui. Bayangkan jika dalam waktu 1 bulan, pasti mereka sudah lupa dengan membaca. Mereka sudah terlena dengan hiburan hp.

Hal ini membuat masyarakat kehilangan kebiasaan baiknya. Bermain hp tidak dilarang. Akan tetapi seharusnya seorang pelajar bisa membagi waktunya kapan harus membaca dan kapan bermain hp. Perbandingannya adalah 70%  membaca 30% untuk refresh otak dengan bermain games, bukan sebaliknya. Jadi membaca harus sering dilakukan untuk memperluas wawasan dan nenambah pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar